Gubernur Syahrul Beri Motivasi Lulusan IPDN

By Admin

nusakini.com--Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, memberikan motivasi PNS lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Senin (23/10). Sebelumnya, mereka telah diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sulsel, Abdul Latief. Mereka adalah 51 PNS Kemendagri yang akan ditempatkan di Sulsel. 

Di hadapan mereka, Syahrul menyebutkan menjadi pegawai negeri adalah pekerjaan mulia. "Kalian itu hebat, menjadi PNS adalah kemuliaan," kata Syahrul.

Dia kemudian sedikit bercerita tentang anaknya yang juga menempuh pendidikan di IPDN. "Saya jadi ingat anak saya. Rinra hari ini tepat berulang tahun. Saya selalu semangat kalau ketemu anak IPDN. Dia berusaha sendiri untuk bisa masuk di IPDN," sebutnya. 

Rinra Sujiwa Syahrul Putra adalah putra bungsu Syahrul. Rinra lahir di Makassar, 23 Oktober 1988 atau 29 tahun silam. 

Agenda serah terima dan bertemu dengan PNS lulusan IPDN bukan agenda wajib yang harus dihadiri Syahrul. Namun saat melakukan sidak di sejumlah ruangan, dia menemukan banyak pegawai baru lulusan IPDN dan mereka yang baru saja menghadiri serah terima. 

Syahrul meminta waktu sejenak untuk memberikan motivasi dan tanya jawab seputar kepemimpinan dan pemerintahan kepada mereka. Syahrul kemudian memberikan motivasi terkait bagaimana menjadi PNS lulusan IPDN yang baik. 

Pertama, kata Syahrul, harus memiliki pemahaman agama yang baik, memiliki iman dan taqwa. Memiliki ambisi untuk melakukan kebaikan juga diperlukan, serta attitude atau sikap yang baik juga sangat diperlukan. 

"Pengalaman saya, orang berhasil di karir itu, 80 persen ditentukan karena attitudenya, karena caranya bersikap," ujarnya. 

Seorang PNS/ASN lulusan IPDN juga harus berprestasi, tidak perlu memasang wibawa secara berlebihan. Yang tidak kalah pentingnya adalah keinginan untuk terus belajar, mengikuti perkembangan dan bekerja ulet. (p/ab)